Nusantarabersatu.com-Langsa Rumah Sakit Umum Langsa (12/11/2021)laksanakan gerakan peduli kemanusiaan bekerjasama dengan PMI dalam giat ‘Donor Darah’. kegiatan ini Dilaksanakan dipekarangan Parkir Rumah Sakit Umum Kota Langsa. Dalam rangka HUT Kesehatan ke 57 Tahun 2021

kegiatan ini dilaksanakan oleh Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit( PKRS) yang di pimpin oleh Cut Rita zahara, SST.,M.Kes , dan didampingi oleh Ketua Komite Keperawatan Rumah Sakit Langsa Ners.Muhammad Yahya, S.Kep., MARS yang juga ikut berpartipasi untuk kelancaran acara tersebut

RSUD Langsa bekerja sama dengan PMI Kota Langsa dalam pelaksanaan gerakan peduli Kemanusiaan

Upaya kesehatan diselenggarakan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif). Upaya tersebut dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.
 
Salah satu upaya yang dilakukan untuk pemberian pelayanan kepada pasien adalah melalui Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS). Bertujuan agar pasien dan keluarga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi berbagai masalah kesehatan yang dialami. PKRS adalah upaya rumah sakit untuk meningkatkan kemampuan pasien, klien dan kelompok-kelompok masyarakat. Agar pasien dapat mandiri dalam mempercepat kesembuhan dan rehabilitasinya. Klien dan kelompok-kelompok masyarakat dapat mandiri dalam meningkatkan kesehatan, dan mencegah masalah – masalah kesehatan dan mengembangkan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat
 
Pengelolaan kegiatan Promkes merupakan suatu siklus kegiatan yang dimulai dari perencanaan sampai evaluasi terkait satu dengan yang lain mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Langkah-langkah pengelolaan kegiatan promosi kesehatan sebagai berikut:
 
1 .Kegiatan Perencanaan Promosi kesehatan
Tim Promkes rumah sakit membuat perencanaan tentang kegiatan promosi kesehatan kepada pasien keluarga dan masyarakat meliputi kebutuhan akan adanya edukasi, ketersedian tenaga edukator yang dibutuhkan, peralatan yang dibutuhkan, ruangan dan materi sesuai kebutuhan pasien.
 
2.  Pelaksanaan Promosi Kesehatan
Kegiatan promosi kesehatan di rumah sakit umum daerah kota Langsa secara umum dapat dikategorikan sebagai berikut:
 
A. Di dalam gedung
Di dalam gedung rumah sakit PKRS dilaksanakan seiring dengan pelayanan yang diselenggarakan rumah sakit, antara lain : di ruang pendaftaran, pelayanan rawat jalan, rawat inap, penunjang medis, pelayanan bagi pasien sehat.
B. Di Luar Gedung
Kawasan luar gedung rumah sakit dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk PKRS.
Reformasi perumahsakitan di Indonesia sangat diperlukan mengingat masih banyak RS yang hanya menekankan pelayanannya kepada aspek kuratif dan rehabilitatif saja. Padahal keadaan ini menyebabkan rumah sakit menjadi sarana kesehatan yang “elit” terlepas dari sistem kesehatan dimana ia berada.

Kegiatan yang berlangsung pada hari ini tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Mencuci tangan,Memakai masker dan Jaga jarak (Syarifah,SE)

Share

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.