Jurnalis: Yustizar.

NusantaraBersatuNews.Com, Kota Langsa Aceh–Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar Pelatihan dan Bimbingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) di Aula Laboratorium Terpadu kampus setempat, Jum’at (24/12/21).

Sesuai dengan tema yang diangkat, ‘Aktualisasi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa Lulus Tepat Waktu’ kegiatan ini diadakan untuk membimbing mahasiswa tingkat akhir dalam menulis skripsi.

Ketua Panitia kegiatan Dr. Hamdani, MA mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 312 mahasiswa FTIK yang telah menyelesaikan mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan dilaksanakan secara luring serta daring melalui aplikasi Zoom Meeting hingga Sabtu 25 Desember 2021.

Selama dua hari, peserta akan mendapatkan materi dari total empat pemateri setiap harinya dengan materi yang beragam, dimulai dari Problematika dalam Penulisan Skripsi yang disampaikan langsung oleh Rektor IAIN Langsa Dr. Basri, MA., Pendekatan Penelitian dalam KTI yang diisi oleh Dekan FTIK IAIN Langsa Dr. Zainal Abidin, MA., Penggunaan Mendeley, dan Sistematika Penulisan Skripsi yang akan diisi oleh para Wakil Dekan dan Dosen di lingkungan FTIK IAIN Langsa.

Dekan FTIK IAIN Langsa Dr. Zainal Abidin, MA., dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini diadakan untuk membantu mahasiswa FTIK dalam menyelesaikan skripsi dan kuliahnya tepat waktu.

“FTIK memiliki cita-cita agar mahasiswa dapat menyelesaikan kuliahnya tepat di tahun keempat, tentu akan ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi mahasiswa menyelesaikan kuliahnya tepat waktu, salah satunya dapat menyelesaikan skripsinya juga tepat waktu,” ujarnya.

Zainal menyebutkan bahwa banyak mahasiswa yang telah menyelesaikan dengan cepat seluruh mata kuliahnya sejak semester satu hingga semester tujuh, namun melambat ketika mengerjakan skripsinya.

“Maka dari itu kami memberikan solusi kepada mahasiswa untuk dibekalkan sejumlah pengetahuan-pengetahuan yang aktual untuk bisa menyelesaikan skripsinya tepat waktu, agar dapat meningkatkan persentase lulusan tepat waktu sehingga IAIN Langsa bisa mendapatkan prestasi,” tambahnya.

Membuka kegiatan, Rektor IAIN Langsa Dr. Basri, MA dalam sambutannya mengatakan penulisan KTI yaitu skripsi merupakan salah satu hal yang urgent  di dunia akademik, yang mana hasilnya harus bisa dipertanggungjawabkan.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bagus diadakan tidak hanya agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu tapi juga untuk meminimalisir terjadinya plagiasi.

“Skripsi adalah salah satu karya ilmiah yang hasilnya harus ditulis dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik, saat ini banyak sekali kondisi KTI khususnya skripsi yang tidak sesuai lagi dengan ciri khas mahasiswa dan akademik, dimana sering kali ditemukannya plagiasi dalam skripsi,” tandasnya. 

“Kegiatan ini sangat bagus diadakan untuk meminimalisir terjadinya plagiasi yang merupakan sebuah hal yang sangat fatal di dunia akademik.

Plagiasi akan menyebabkan dibatalkannya kelulusan mahasiswa,” lanjutnya.Terakhir, Rektor mengharapkan hasil dilaksanakannya kegiatan ini dapat membuat mahasiswa menyelesaikan kuliah tepat waktu secara baik dan menghasilkan penelitian yang berkualitas.(NB)

Share

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.