Jurnalis: JP

NusantaraBersatuNews.Com, Kota Langsa Aceh- Rektor Universitas Samudra (UNSAM), Dr. Ir. Hamdani MT dan Kepala KPH Wilayah III Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemerintah Aceh, Fajri SP. MM, menerima piagam penghargaan dari Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Langsa, atas pelaksanaan deteksi dini melalui tes urine beberapa hari yang lalu.

Piagam penghargaan tersebut langsung diserahkan Kepala BNN Langsa, AKBP H. Basri SH. MH, kepada Rektor UNSAM Dr. Ir. Hamdani, MT, diruang kerjanya dengan suasana penuh keakraban, Senin (27/12/21).

“Alhamdulilah kita hari ini menerima piagam penghargaan dari BNN Kota Langsa, insyaallah program ini akan terus dilaksanakan yaitu deteksi dini melalui tes urine,” ujar Hamdani setelah menerima penghargaan.

Menurutnya, tes urine yang sudah dilaksanakan ditujukan kepada Dosen tetap PNS dan Non PNS, tenaga kependidikan PNS dan Non PNS, Satpam serta petugas kebersihan dengan jumlah total 150 orang.Lanjut, Hamdani, dari 150 orang yang sudah menjalani tes urine didapati satu orang yang positif narkoba jenis ganja, oleh karena sesuai fakta intergritas akan dilakukan tindakan tegas terhadap mereka yang kedapatan mengkonsumsi narkoba.

“Kita tidak ingin kampus ini adanya penyalahgunaan dan peredaran Narkoba, kalau ini terjadi pasti berefek kepada kinerja yang bersangkutan, kita ingin UNSAM menjadi kampus bersih narkoba,” tegas Hamdani.

Selanjutnya, ke depan pihak rektor akan memperbaharui MoU pelaksanaan P4GN yang yang sudah di masa rektor sebelumnya, pastinya dalam MoU tersebut memuat munculnya Regulasi di lingkungan kampus, adanya relawan dan penggiat anti narkoba serta edukasi informasi P4GN yang dapat mudah diakses oleh publik.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik, Cut Mulyani MP, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Rachmatsyah, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Muhammad Zulfri, ST MM My, Kepala Biro Umum dan Keuangan Ir. Adnan, MM, Ketua satuan pengawas internal, Makhroji S.Pd MPd, Ketua Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan Mutu, Dr. Asnawi, S.Pd M.Pd.Di tempat lain, Kepala KPH Wilayah III Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemerintah Aceh, Fajri, SP, MM, didampingi Kasubbag TU, Erni, S.Hut, menyampaikan terimakasih atas piagam penghargaan dari BNN Langsa dan kedepan akan dilaksanakan tes urine yang sama, dimana sebelumnya dilakukan tes urine terhadap 309 Pamhut.

“Tes urine itu merupakan syarat wajib bagi Pamhut untuk perpanjangan kontrak, apabila ada diantara mereka yang positif narkoba maka secara otomatis perpanjangan dibatalkan, hal ini sesuai arahan dari Kepala DLH dan Kehutanan Pemerintah Aceh,” ungkapnya.

Kemudian, KPH Wilayah III Aceh akan melakukan MoU dengan BNN Langsa guna membentuk relawan serta penggiat anti narkoba dalam lingkungan KPH Wilayah III.

Sementara itu, Kepala BNN Langsa, AKBP Basri, SH MH, di dampingi Sub Koordinator Si P2M, Cut Maria, S.Sos, penyuluh Narkoba, Henny Puspita, SKM dan Humasnya, Islamsyah MTA, ST., menyampaikan bahwa penghargaan kepada kedua instansi tersebut merupakan bukti nyata apresiasi karena kontribusi KPH Wilayah III yang sudah melaksanakan deteksi dini melalui tes urine, hal tersebut sesuai Inpres No. 2 tahun 2020 tentang rencana aksi P4GN,” terang Basri.

Gerakan ini menjadi motivasi bagi instansi lain maupun lembaga yang ada di Kota Langsa untuk membersihkan lingkungannya dari narkoba, Piagam penghargaan berhak untuk kita berikan kepada siapapun yang berkontribusi.

“Kapan lagi, kalau bukan kita yang peduli terhadap bahaya narkoba, sejak sekarang kita gaungkan ‘War On Drugs’ demi menyelamatkan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa dimasa yang akan datang,” pungkasnya.(NB)

Share

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.