Jurnalis : Wiwin Hendra

NusantaraBersatuNews.Com, Kota Langsa Aceh- Sat Reskrim Polres Langsa, yang di Pimpin Kanit Resmob Muh. Zainal DJ Madas, S.H, berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang pemuda yang diketahui sudah berulangkali melakukan pencurian Burung Murai milik warga.DH (28) warga Gampong Seulalah Baru Kecamatan Langsa Lama akhirnya diringkus oleh aparat kepolisian dari jajaran Polres Langsa. Pada Pada Rabu 12 Januari 2022 sekira Pukul 10.00 Wib di Desa Linge Kabupaten Aceh tengah (tempat persembunyian tersangka).

Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro SH, SIK, MH melalui Kasatreskrim, Iptu Krisna Nanda Aufa, S.Tr.K, MH, membeberkan bahwa Penangkapan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat dan barang-bukti yang ditemukan berupa 9 (Sembilan) ekor burung jenis murai batu.Selanjutnya tim membawa barang bukti dan Tersangka ke Polres Langsa guna dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

DH (28) diketahui sudah berulang kali melakukan pencurian burung murai milik warga, dengan cara membobol rumah korban.Hasil penjualan barang curian itu sendiri, digunakan oleh tersangka untuk membeli narkotika jenis sabu dan untuk membiayai hidup sehari-hari.

Berdasarkan Konfrensi Pers pada Jumat (21/1/2022), Kasatreskrim, Iptu Krisna Nanda Aufa, S.Tr.K, MH, mengatakan tersangka DH spesialis bobol rumah, diketahui telah berulangkali melakukan pencurian dengan cara masuk paksa rumah milik warga.

Pada penjelasannya Kasatreskrim, Iptu Krisna Nanda Aufa, S.Tr.K, MH, mengatakan pada hari Rabu tanggal 13 Oktober 2021, Sekitar Pukul 05.30 Wib, tersangka DH menyantroni salah satu rumah warga di Lorong Indah Dusun Rel Gp. Teungoh Kecamatan Langsa Kota.

Di rumah itu, tersangka DH melakukan pencurian dirumah korban dengan cara memanjat pagar dan merusak pintu belakang rumah korban.

Kemudian tersangka mengambil 6 (enam) ekor burung murai batu milik korban.Selanjutnya, dengan modus yang samapada hari Rabu tanggal 20 Oktober 2021, Sekitar Pukul 05.00 Wib, tersangka DH kembali melakukan aksinya disebuah Ruko yang beralamatkan di Gp. Paya Bujok Tunong Kecamatan Langsa Baro, disitu tersangka melakukan pencurian dengan cara yang sama dan berhasil membawa lari 3 (tiga) ekor burung murai batu milik korban.Ungkap Kasatreskrim.

Sementara, modus operandi yang digunakan tersangka dalam melancarkan aksi pencuriannya yaitu dengan cara memanjat pagar ruko/rumah dan merusak pintu belakang ruko/rumah korban kemudian dengan menggunakan alat bantu berupa 1 (satu) buah obeng, 1 (satu) buah tang dan 1 (satu) bilah pisau.

Dalam keterangannya kepada awak Media Kasatreskrim, Iptu Krisna Nanda Aufa, S.Tr.K, MH, mengungkapkan bahwa Sat Reskrim Polres Langsa, yang di Pimpin oleh Kanit Resmob Muh. Zainal DJ Madas, S.H, berhasil mengamankan tersangka dan Barang Bukti berupa – 1 (satu) bilah pisau gagang kayu warna hitam;- 1 (satu) buah obeng warna hitam;- 1 (satu) buah tang warna merah hitam;- 9 (sembilan) ekor burung jenis murai batu.

Selanjutnya Kasatreskrim, Iptu Krisna Nanda Aufa, S.Tr.K, MH, menjelaskan bahwa terhadap tersangka DH dapat disangkakan telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang dilakukan secara berulang-ulang, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 Ayat 2 Subs Pasal 65 KUHPIdana (dengan ancaman pidana hukuman 9 tahunHingga kini tersangka dan barang bukti masih diamankan di Polres Langsa guna dilakukan penyidikan lebih lanjut. Pungkasnya.(NB)

Share

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.