Jurnalis : SYM Bahri Hrp

NusantarabersatuNews.Com, Kota Langsa Aceh-SMA Negeri 5 Langsa mengadakan Seminar Pengenalan Jurnalistik Tingkat Dasar bagi Siswa pada Kamis, (27/1/2022).

Tema yang diangkat pada kegiatan ini, yakni “bersinergi membangun jurnalis muda kreatif dan kritis”.Kegiatan tersebut dilakukan mulai pukul 14.00-16.30 WIB menghadirkan Staf Redaksi Media Nusantara Bersatu News.com dan juga Sekretaris Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi Nusantara (PJID-N) Kota Langsa Wiwin Hendra sebagai Pemateri, sebanyak 20 siswa calon anggota Kelompok Jurnalis SMAN 5 Langsa turut menjadi peserta seminar ini.

“Kegiatan ini merupakan program dari OSIS SMA Negeri 5 Langsa, yang kami harapkan dari kegiatan ini dapat tercipta sebuah buletin ataupun majalah sekolah yang nantinya diisi oleh siswa yang telah mengikuti seminar dan pelatihan jurnalistik”, ungkap Waka Kesiswaan SMAN 5 Langsa Taufik, S.Pd, pada sambutannya mewakili Kepala SMAN 5 Langsa Azhari, S.Pd, M.S.

Seminar yang membahas seputar jurnalistik baru dilakukan kali ini di SMAN 5 Langsa, dengan dilakukannya seminar pengenalan dasar dan pelatihan jurnalistik, pihak sekolah sangat berharap kepada siswa yang mengikuti kegiatan tersebut dapat menjadi pelopor terbentuknya ekstrakurikuler (Eskul) Jurnalistik di SMA Negeri 5 Langsa, ucap Taufik, S.Pd.

Ketua OSIS SMAN 5 Langsa Fatih dalam wawancara singkat dengan awak media, menyebutkan bahwa dalam program kerjanya ia akan melakukan kegiatan seperti ini dua kali selama masa jabatannya.

Pertama merupakan kegiatan Seminar Pengenalan Jurnalistik Tingkat Dasar yang diadakan kali ini dan selanjutnya OSIS akan mengadakan pelatihan jurnalistik yang lebih khusus kepada siswa yang menjadi peserta agar dapat mengolah informasi yang dikumpulkan di lingkup sekolah menjadi sebuah berita yang jelas, padat, faktual, dan berkualitas, pungkasnya.

Dalam seminar yang berlangsung selama lebih dua jam ini, pemateri menyampaikan pengenalan tentang dunia jurnalis, pentingnya pelajar paham tentang cara kerja jurnalis, dan dasar-dasar penulisan sebuah berita.Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan praktik menulis berita sederhana setelah penyampaian materi, kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.(NB)

Share

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.