Jurnalis: NS

NusantaraBersatuNews.Com, Aceh Timur – Tepat pada hari Rabu tanggal 16 februari 2022 telah dikejutlan dengan penemuan bayi berjenis kelamin laki laki oleh seorang warga (ibu Jah) guru MIN di desa Tampak kecamatan Rantau Peureulak kab. Aceh Timur, telah membuat warga sekitar heboh.

Kepala Dinas Sosial bapak Elfiandi Sp.1 melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial ,Mukhlis,SH. setelah menerima laporan dari TKSK setempat( Rifana) terkait bayi yg telah di telantarkan tersebut langsung dengan seketika bersama Tim Dinas Sosial yang tergabung antara lain Sakti peksos, pihak UPTD Ayeum Mata , juga pihak polres Aceh Timur yang didalamnya Kanit PPA beserta krunya turun ke lokasi tempat kejadian untuk melihat langsung kejadian yang sebenarnya.

Hasil kunjungan dari lintas sektor, sesuai aturan dan prosedur yg ada, kasus serupa ini bayi harus diamankan dan diambil alih oleh Dinas sosial untuk di lindungi, diasuh sementara sampai menemukan siapa calon orang asuh yg lebih layak untuk proses Adopsi yang dalam hal ini harus terlebih dahulu di asesmen dan diverivikasi oleh Dinsos melalui sakti peksos.

Dalam Keterangannya Kabid Rehabsos (Mukhlis, SH) menyampaikan “Kondisi bayi ketika ditemukan sangat miris dengan ditempatkan langsung di atas tanah dengan tidak mengenakan pakaian apapun.

ketika itu pula warga setempat memandikan untuk membersihkan badan bayi sampai menyerahkan langsung bayi ke puskesmas setempat untuk di rawat dan diamankan sementara agar bayi lebih aman dan terlindungiā€.

“Bayi tersebut harus di tunggu dalam waktu 3 hari, jika tidak ada yg komplin terkait bayi tersebut baru di proses untuk proses verivikasiā€

“Untuk pengamanan dan perlindungan bayi yg ditelantarkan tersebut sementara ini di tempatkan di UPTD Ayeum Mata sebagai Rumah Perlindungan Sosial milik Pemerintah Kabupaten Aceh Timur yang langsung di bawah naungan Dias Sosial Kab. Aceh Timur”. tambah gobit menyampaikan.(NB)

Share

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.