NusantaraBersatuNews.Com, Banda Aceh- Ribuan calon siswa (Casis) Bintara Polri mengikuti Ujian Computer Assisted Test (CAT) Psikologi Penerimaan Calon Bintara Polri T. A. 2022 tingkat Panitia Daerah Aceh.

Karo SDM Polda Aceh Kombes Pol. Fajar Budiyanto, S. I. K, melalui Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S. H., S. I. K., M. Si, dalam siaran Persnya, Jum’at, (13/5/22).

Dikatakan Kabid Humas, Penerimaan Casis Bintara Polri T. A 2022 di Polda Aceh sudah memasuki tahap ujian CAT Psikologi.

Casis Bintara Polri yang mengikuti tes itu terbagi mulai dari formasi Bintara Tugas Umum PTU, Bakomsus Polair, Bakomsus TI, Bakomsus Tenaga Kesehatan, Bakomsus Lapfor, Bakomsus Logistik dan Bintara Brimob, terang Kabid Humas.

” Sebanyak 2263 orang Casis Bintara Polri T. A. 2022 di Polda Aceh mengikuti ujian CAT Psikologi yang dibagi dalam 4 gelombang yang digelar mulai hari Kamis (12/5/22) hingga Minggu (15/5/22), ” sebut Kabid Humas.

Dari gelombang 1 hingga 3, ujian itu diikuti 310 orang Casis dan pelaksanaannya dibagi dalam 2 sesi, ada pagi dan siang, terang Kabid Humas.

Sedangkan untuk gelombang terakhir diikuti oleh 403 orang Casis Bintara Polri, sambung Kabid Humas.

Pelaksanaan ujian CAT digelar dilima tempat yang berbeda, masing-masinh di SMA Negeri 12 Banda Aceh, SMA Negeri 4 Banda Aceh, SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Banda Aceh serta SMA 1 Darul Imarah, Aceh Besar, kata Kabid Humas.

Ujian itu digelar prokes yang ketat, dan kepada Casis sebagai peserta, sebelum mengikuti CAT diwajibkan membawa surat hasil tes Swab Antigen/ PCR dengan hasil negatif dan sebelum masuk ruangan juga dilakukan tes suhu badan peserta, tutur Kabid Humas.

Untuk pengumuman hasil ujian akan disampaikan panitia pada hari tersebut, dan bagi peserta yang dinyatakan lulus CAT Psikologi ini, akan mengikuti tes tahapan selanjutnya, meliputi tes Akademik, tes Jasmani dan tes Kesehatan tahap 2, ujar Kabid Humas.

Lebih lanjut kabid Humas menyebutkan, pelaksanaan CAT Psikologi ini digelar secara terpusat dengan Pantia langsung dari Biro Psikologi SSDM Mabes Polri yang bertujuan agar tes yang digelar itu dapat berjalan secara serentak di seluruh Indonesia dan dapat meminimalisir kemungkinan adanya kecurangan-kecurangan seperti kebocoran soal dan bentuk kecurangan lainnya.

Tes Psikologi yang digelar ini adalah untuk mengukur aspek individu secara psikis serta untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional, kata Kabid Humas.

Selain itu, tes ini juga bertujuan untuk mengukur berbagai kemungkinan secara mental dan semua yang mendukungnya termasuk prestasi, kemanpuan, kepribadian dan intelegensia, tambah Kabid Humas.

Pelaksanaan CAT Psikologi ini diawasi langsung Karo SDM Polda Aceh, Panitia Seleksi Penerimaan dan menggandeng Pengawas Internal lainnya, kata Kabid Humas lagi.

Penerimaan Bintara Polri di Polda Aceh ini menerapkan Prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH), tutup Kabid Humas.(AWR)

Share

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.