NusantaraBersatuNews.Com, Langsa – Dalam rangka menyambut hari lahir Pancasila, guna menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam falsafah negara Indonesia, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menyelenggarakan Seminar Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Aula FTIK IAIN Langsa, Kamis 02 Juni 2022.

Kegiatan yang bertajuk “Tumbuhnya rasa cinta dan kasih terhadap Pancasila di era modernisasi” menghadirkan Saifullah SE, pejabat Wakil Ketua I DPRK Langsa/Ketua BAPERA Kota langsa dan Beuransyah, M.Pd (Dosen Luar Biasa IAIN Langsa) masing-masing sebagai narasumber pada kegiatan seminar tersebut.

Dalam penyampaiannya, Saifullah, SE mengingatkan para mahasiswa sebagai peserta seminar agar kembali mengingat dan mengenang sejarah, tentang bagaimana perjuangan para suhada yang telah memerdekakan bangsa Indonesia, dengan persatuan pancasila lah bangsa ini dapat meraih kemerdekaannya dari tangan penjajah hingga saat ini Indonesia menjadi sebuah negara yg berdaulat. Tuturnya

Lebih lanjut, Saifullah juga menyampaikan bahwa Pancasila menjadi sebuah upaya yang harus diamalkan dan diperjuangkan dengan sungguh-sungguh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai ini menjadi wajib bagi warga negara Indonesia ditengah-tengah keberagaman suku bangsa.

Menurutnya. Tidak akan mungkin Indonesia akan maju kalau bukan karena semangat kebhinekaan tidak tertanam pada diri kita selaku anak bangsa. Oleh karenanya mahasiswalah yang kelak menjadi generasi penerus cita-cita bangsa ini.  

Sebelumnya Dr. Zainal Abidin, MA selaku Dekan FTIK IAIN Langsa dalam sambutan sekaligus membuka acara seminar menyampaikan apresiasinya pada kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa fakultas yang dipimpinnya yang terhimpun dalam Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FTIK di IAIN Langsa.

Pada kegiatan seminar tersebut, turut hadir sejumlah pejabat IAIN Langsa dianataranya Wakil Rektor IAIN Langsa, Dr. Zainuddin, MA, Wakil Dekan III Dr. Mahyidin, MA, Kabag FTIK, Seketaris BAPERA Langsa Yustizar, M.Pd.I, Organisasi mahasiswa DEMA, SEMA IAIN Langsa, DEMA UNSAM Langsa dan sejumlah OKP Lainnya.

Seminar berlangsung dengan dialog interaktif dengan sesi tanya jawab, melibatkan peserta yang terdiri dari para tamu undangan.

Kegiatan seminar tersebut berjalan tertib dan sukses yang dipandu oleh Ketua Panitia Firda Ananda dan Sekretaris Panitia Nova Ariacha berakhir dengan bacaan Do’a dilantunkan oleh Irfan Febriansyah. Masing-masing adalah mahasiswa FTIK IAIN Langsa. (Ytz)

Share

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.