BUPATI MALANG RESMIKAN GEDUNG LABORATORIUM AIR PERUMDA TIRTA KANJURUHAN

Foto : Gedung Laboratorium Air Perumda Tirta Kanjuruhan Kab. Malang yang telah diresmikan oleh Bupati Malang, Drs. HM. Sanusi, MM., Sabtu siang


MALANGKAB – Bupati Malang, Drs. HM. Sanusi, MM. meresmikan gedung Laboratorium Air milik Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Tirta Kanjuruhan Kab. Malang, di kawasan kantor pusat Perumda Tirta Kanjuruhan, Ds. Kebonagung, Kec. Pakisaji, Kab. Malang, pada hari Sabtu siang, pukul 11.00 wib (4/6’22).

Peresmian gedung laboratorium tersebut termasuk dalam rangkaian acara peringatan Hari Jadi Perumda Tirta Kanjuruhan yang ke-41, dengan ditandai pemotongan pita oleh Bupati Malang, yang disaksikan oleh Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, Wakil Ketua DPRD Kab. Malang, H. Kholik, jajaran Forkopimda, beberapa tamu undangan, jelas Wahjoe Darmawan selaku Penanggung jawab acara.

Dalam pembukaan acara Hari Jadi Perumda Tirta Kanjuruhan Kab. Malang tersebut, para hadirin disuguhi Lagu Mars Kabupaten Malang oleh Vocal Group milik Perumda Tirta Kanjuruhan, dan Tarian Kreasi Kontemporer yang dibawakan oleh para penari muda dan cantik, menjadikan suasana awal acara menjadi meriah dan bermakna, kata Wahjoe Darmawan selaku Pemangku Acara.

Dalam sambutannya, Syamsul Hadi, S.Sos, MM. selaku Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan Kab. Malang, mengatakan, “Bahwa pada usia 41 tahun ini, kami selaku jajaran direktur beserta staf mempunyai kiat untuk meningkatkan pelayanan masyarakat/pelanggan, khususnya kualitas air yang layak”, katanya.

Penyelenggaraan Bisnis Perusahaan, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 mengamanatkan target 100% akses air minum layak, 15% akses air minum aman, dan 35% akses air minum perpipaan. Amanat tersebut merupakan roadmap menuju target SDG’s tahun 2030, yaitu 100% akses air minum layak, 45% akses air minum aman, dan 50% akses air minum perpipaan, ungkap Syamsul.

Selain itu juga, untuk meningkatkan pelayanan pelanggan terhadap kualitas air, sumber daya manusia, kesehatan karyawan, maka telah dibangun gedung laboratorium air dan command centre, serta kerja sama (MuO) dengan Perum Jasa Tirta I Prov. Jawa Timur, dan RSIA Rampal Malang, jelasnya pula.

Tidak hanya kepentingan bisnis perusahaan, kami juga memberikan bantuan sosial berupa santunan anak yatim piatu sebesar Rp 25 juta, juga pemberian sembako bagi keluarga pra sejahtera, serta pemberian penghargaan kepada 5 orang yang setia selama ini menjadi pelanggan, tutupnya.

Pada waktu yang sama, Direktur Operasional Perum Jasa Tirta I Prov. Jawa Timur, Ir. Milfan Rantawi, MM., menyampaikan,” bahwa
Perum Jasa Tirta I adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditugasi untuk menyelenggarakan pemanfaatan umum atas air dan sumber-sumber air yang bermutu dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak, serta melaksanakan tugas-tugas tertentu yang diberikan Pemerintah dalam pengelolaan wilayah daerah aliran sungai (DAS), salah satunya adalah Sungai Brantas”, ungkapnya.

Maka dari itu sesuai dengan tupoksi PJT I, yang berdasar ketentuan Pasal 14 Peraturan Pemerintah No.46 Tahun 2010, tentang maksud dan tujuan pendirian PJT I antara lain adalah turut melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya terutama di bidang Pengusahaan SDA dan Pengelolaan SDA, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya Perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa berdasarkan prinsip pengelolaan Perusahaan yang sehat, jelas Milfan.

Sebagai penutup Milfan Rantawi menyampaikan, kami mewakili jajaran Direksi dan Staf PJT I mengucapkan “Selamat Hari Jadi Perumda Tirta Kanjuruhan Kab. Malang yang ke-41, Semoga lebih bersemangat dalam memberikan pelayanan akan kebutuhan air bersih, dan bisa bersinergi dengan PJT I didalam menjalankan kerjasama bisnis perusahaan”, imbuhnya.

Dalam sambutannya, Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, M.M., menegaskan, dengan usia 41 tahun ini, Perumda Tirta Kanjuruhan bisa meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, serta menjalankan sesuai tagline yang dibuatnya “Berinovasi dan Bekerja Dengan Hati”. Jadi diharapkan jangan berhenti didalam hati saja, akan tetapi harus dilaksanakan secara riil, tegasnya.

Demikian juga sesuai bantuan dari Kementrian SDA yang sebesar Rp 250 milyar untuk wilayah Malang Selatan, agar bisa lebih meningkatkan dalam pelayanan kebutuhan masyarakat akan air bersih. Selain itu juga, dengan dibangunnya gedung laboratorium berikut sarana prasarana laboratoriumnya, semoga bisa menambah kualitas air dan meneliti akan kelakyaan air bagi masyarakat, pesan Sanusi.

Foto : Pemotongan dan Penyerah Tumpeng dari Bupati Malang, Drs. HM. Sanusi, MM. kepada Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan Kab. Malang, H. Syamsul Hadi, S.Sos, MM., yang disaksikan oleh Sekda Pemkab Malang, Dr. Wahyu Hidayat, yang juga selaku Ketua Dewan Penasehat Perumda Tirta Kanjuruhan.


Kegiatan ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada 5 orang yang selama ini setia dan melakukan pembayaran pada saat jatuh tempo, yang disampaikan oleh Bupati Malang, juga pemotongan tumpeng oleh HM. Sanusi dan diberikan kepada H. Syamsul Hadi selaku Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, serta peresmian gedung Laboratorium Air dengan pemotongan pita.

Di akhiri penggunaan ruang “Command Centre” yang dipandegani oleh Bupati Malang, Wakil Bupati Malang, Wakil Ketua I DPRD Kab. Malang, Sekda Pemkab Malang selaku Ketua Dewan Penasehat Perumda Tirta Kanjuruhan, dan beberapa tamu khusus yang diundang, jelas Wahyu.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Malang, HM. Sanusi, Wabup Malang, Didik Gatot Subroto, Sekda Pemkab Malang, Wahyu Hidayat, Wakil Ketua DPRD Kab. Malang H. Kholik, jajaran Forkopimda Kab. Malang, jajaran Kepala OPD Kab. Malang, BPKP Perwakilan Jawa Timur, BBWS Brantas, BBPW Jawa Timur, Perum Jasa Tirta I Jawa Timur, unsur Akademisi, Perbankan, Mitra Kerja, Media Partner, dan karyawan Perumda Tirta Kanjuruhan. (John)

Share

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.