NusantaraBersatuNews.Com, Medan –
Desa Nelayan Seberang, Belawan, Kota Medan. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Medan bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Medan menggelar program Pangan untuk Lansia yang berada di Desa Nelayan Sebrang, Sumatera Utara 10-06-2022.

Desa Nelayan Seberang salah satu pulau terluar yang ada di Sumatera Utara, Untuk menuju ke Desa Nelayan Seberang, harus menggunakan transportasi perahu.

Untuk menuju ke Desa Nelayan Seberang, harus menggunakan transportasi perahu.

Nenek Aisyah (72) sejak suaminya meninggal, harus menggantungkan hidupnya kepada anaknya yang bekerja sebagai nelayan dengan penghasilan yang tidak tetap.

Bergantung hidup dengan anak yah membuat nenek harus pasrah menjalani masa tua dengan seadanya, Nenek hanya makan sekali setiap harinya, bahkan nenek sering hanya makan nasi pake garam karena tidak memiliki uang membeli lauk ketika anak saya melaut. Beruntung nenek memiliki tetangga yang murah hati yang mau membagikan makanan kepada saya, ucap nenek Aisyah lirih.

“Kalau sudah tua begini ya harus pasrah saja, Alhamdulillah masih ada anak nenek yang mau merawat nenek, Untuk makan sehari sekali saja, karena ga ada uang. Sering ditanya tetangga sudah makan atau belum, kalau belum biasanya nenek diberikan nasi dan lauk.” Ungkap Nenek Aisyah.

Ilham Moehammad selaku tim program Aksi Cepat Tanggap Medan menerangkan program Pangan Lansia ini bertujuan membantu para lansia mendapatkan kebutuhan pangan secara gratis demi memenuhi kebutuhan gizi seimbang kepada para lansia.

Ilham Moehammad selaku tim program Aksi Cepat Tanggap saat memberi bantuan ke nenek Aisyah

“Program kita saat ini difokuskan untuk para lansia, pemberian pangan ini kita lakukan karena berdasarkan assesment yang kita lakukan ternyata banyak sekali lansia yang gizinya tidak terpenuhi dan juga kondisi ekonomi yang rentan.

Baberapa lansia yang kita wawancara mengaku mereka hanya makan lauk seadanya karena tidak ingin menyusahkan anak-anak mereka, adapun pangan yang kita berikan berupa beras, gula, susu, minyak, telur, tepung dan beberapa kebutuhan pangan lainnya.”terang Ilham Moehammad”.

Lisdayanti selaku kepala cabang Aksi Cepat Tanggap Medan menjelaskan kedepannya akan banyak sekali program-program kemanusia untuk lansia seperti program layanan kesehatan, pemberian alat ibadah dan mensuplai ketersediaan kebutuhan para lansia di Indonesia.

“Target kita kedepannya akan menghadirkan program-progam untuk lansia dengan tujuan mensejahterakan para lansia di Indonesia.

Akan ada beberapa program kedepannya yang akan kita lakukan untuk lansia seperti layanan kesehatan gratis, alat ibadah dan mensuplai kebutuhan lansia, Kita mengajak masyarakat untuk berpartisipasi membantu para lansia di Indonesia melalui Aksi Cepat Tanggap.” Ujar Lisda.

Program pangan untuk lansia ini digelar secara serentak diseluruh cabang Aksi Cepat Tanggap di Indonesia.(WH)

Share

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.