Jurnal : Asmar Endi.
NusantaraBersatuNews.Com, Aceh Selatan-

Agenda peringatan hari jadi Kluet Timur yang diselenggarakan di Halaman Kantor Camat Gampong Paya Dapur, Senin (13/06) di hadiri Bupati Aceh Selatan, Ketua DPRK Amiruddin, Wakil Ketua Adi Samridha serta Anggota DPRK.

Pada kesempatan tersebut juga berhadir Ketua MAA Aceh Selatan H. Rusli Rasyid, Ketua Dekranasda Aceh Selatan Kailida, S.Pdi, Kepala Dinas Diskominfosan Munharsam, SE, M,Si Kadis Pertanian Nyaklah SP, MM serta beberapa Kepala SKPK lainnya, Para Camat se-Kluet Raya, Unsur Muspika Kecamatan Kluet Timur, Para Keuchik Se-Kluet Timur, Serta Pengurus MAA se-Kluet Raya serta para undangan lainnya.

Penyerahan Sertifikat Dari Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia

Dalam sambutannya Tgk. Amran menyampaikan bahwa moment peringatan Hut Kecamatan Kluet Timur ke 20, merupakan kerja keras yang sangat luar biasa semua komponen masyarakat dari semua Gampong bersinergi dengan unsur Muspika Kluet timur.

Hal ini merupakan sinergisitas yang sangat baik dibangun sesuai dengan budaya dan kearifan lokal masyarakat kita.

Beliau juga mengatakan, baik secara pribadi maupun selaku pimpinan daerah Bupati memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap unsur muspika dan masyarakat dalam kecamatan kluet timur serta pihak-pihak lain yang membantu secara langsung maupun tidak langsung sehingga terselenggarnya agenda peringatan ini dengan baik.

Selanjutnya Sesuai dengan tema dalam seminar UMKM “Strategi Perekonomian dan UMKM Dalam Mendorong Kemajuan Daerah”, dan melalui agenda hari jadi ini Agar generasi penerus akan senantiasa menjaga dan melestarikan adat dan budaya kluet yang spesifik agar tidak tergerus oleh era digitalisasi, globalisasi dunia.

Peringatan HUT Kluet Timur ini juga diwarnai berbagai kegiatan, seperti penandatanganan dokumen qanun gampong tentang pelestarian dan penerapan adat di gampong (yaitu pembaruan dari dokumen rantap rantus tahun 1978), oleh Bupati Aceh Selatan serta para camat Se-Kluet Raya, selain itu diselenggarakannya seminar peningkatan syiar agama islam dan seminar UMKM, pentas seni dan budaya serta produk UMKM “Senuan Keluwat” yang berbentuk peci, baju, kain sarung, pelaminan dan berbagai produk cendera mata serta kegiatan lain yang sangat inovatif.

Selain itu juga penyerahan sertifikat dari Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 60009/MPK.E/KB/2017 tentang penetapan karya budaya “Landok Sampot” sebagai warisan budaya Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan. Pada Kesempatan tersebut Ketua Dekranasda Aceh Selatan, Kailida, S.Pdi meninjau gerai-gerai yang ada dalam areal kantor Kecamatan, seperti gerai Pelayanan Disdukcapil, BNN,BPOM, Pegadaian, Politeknik, serta produk-produk UMKM.

Di akhir sambutannya Tgk. Amran menambahkan sambutannya, menyatakan dengan bertambahnya usia kecamatan kluet timur bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat diberbagai bidang. Selain itu setiap aparatur pemerintah harus memiliki kompetensi demi peningkatan kinerja pemerintahan. Dikarenakan tujuan diperingatinya hari jadi kecamatan untuk meningkatkan persatuan dan rasa gotong royong dan juga sebagai upaya pembinaan masyarakat dalam mengembangkan semua potensi yang ada. “Tutup Beliau”.
NBN.C

Share

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.