Jurnalis : Asmar Endi
NusantaraBersatuNews.Com, Aceh Selatan-

Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, Kailida, S.Pdi didampingi Kadis Disperindagkop dan UKM T. Harida Aslim, SE, MM membuka acara Pelatihan Pengolahan Ubi Menjadi Keripik Dengan Aneka Varian Rasa, Senin, (13/6). Selaku narasumber pelatihan ini bapak Muhdi. S.Ag Owner PT. Kreasi Lutvi Sejahtera Medan Sumatra Utara. Kegiatan ini berlangsung di sentra kuliner perikanan Tapaktuan, dari tanggal 13-17 Juni 2022.

Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan Kailida, S.Pdi

Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan Kailida, S.Pdi dalam arahannya menyampaikan, Jika dilihat dari perkembangan Usaha Pengolahan ubi saat ini cukup banyak dan berkembang keberadaannya di Kabupaten Aceh Selatan.

Khususnya pengolahan ubi menjadi keripik di Kecamatan Pasie Raja. Beliau sangat bahagia dan berharap pelaksanaan pelatihan ini dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman, dimana peserta pelatihan ini akan diajarkan atau disiapkan teknis pembuatan pengolahan ubi mengarah lebih modern sesuai dengan situasi dan kondisi digitalisasi dewasa ini, baik dari bentuk, modifikasi, warna dan bahan baku diharapkan berasal dari bahan baku lokal yang ada di daerah kita, “Ujar Kailida”.

Ketua Dekranas berharap kepada para peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan baik dan serius, Jika ada hal yang kurang dipahami ditanyakan kepada narasumber hal ini sangat berguna dan bermanfaat bagi peserta dalam mengembangkan usaha.

Dikarenakan pelatihan ini merupakan pelaku UMKM terpilih dan duta dari Kecamatan yang ditunjuk.” Ungkap beliau”.

Pada kesempatan yang sama Kadis Disperindagkop, T. Harida Aslim, SE, MM memaparkan sebagian besar rumah tangga bergerak ke arah usaha mikro, dikarenakan Usaha ini sangat membantu para pelaku usaha untuk menambah pendapatan keluarga.

Untuk itu sepatutnya usaha ini kita perhatikan keberadaannya, kita bina, kita tuntun supaya mereka sukses dalam berusaha. Hal tersebut juga mendapat dukungan dari ketua Dekranasda, Kailida, S.Pdi, karena beliau dalam hal pembinaan usaha juga sangat peduli atas keberhasilan usaha UMKM yang bermuara kepada penambahan pendapatan keluarga dan meningkatkan taraf perkonomian pelaku usaha secara keseluruhan di Kabupaten Aceh Selatan.’Ungkap Kadis”.

Oleh karenanya Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan menyambut baik pelaksanaan pelatihan ini, karena akan membantu dalam pengembangan usaha, dan berharap selepas pelatihan ini ada peningkatan usaha bagi perajin pengolahan Kerupuk ubi yang ada di Kecamatan Pasie Raja.

Dikarenakan Usaha Mikro merupakan usaha yang penyebarannya cukup banyak, cukup luas dan merata keberadaannya di Kabupaten Aceh selatan, hampir sebagian besar rumah tangga bergerak ke arah usaha mikro. Usaha ini sangat membantu para pelaku usaha.

Dengan demikian sepatutnya usaha ini perhatikan keberadaannya, kita bina, kita tuntun supaya mereka sukses dalam berusaha. “Ujar Kadis ”.
NBN.C

Share

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.