AE.NusantaraBersatuNews.Com, Aceh Selatan-

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran yang diwakili oleh Asisten III H. Halimuddin, SH, MH, melepas mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (USK) untuk penerapan aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP) di Kabupaten Aceh Selatan.

Adapun kegiatan pelepasan tersebut turut dihadiri Dekan FMIPA Universitas Syiah Kuala, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA USK beserta para Ka.Prodi dan Dosen, Kepala DPMG Aceh yang diwakili oleh Kabid Pengembangan Kawasan, Sumber Daya Alam dan Teknologi Tempat Guna, Kepala DPMG Aceh Selatan, Para Camat se Aceh Selatan, Para Keuchik, dan Para Mahasiswa Fakultas MIPA USK, bertempat di Aula Lantai III Bappeda, Rabu (22/06).

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Asisten III, menyampaikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), merupakan program yang dicanangkan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan sebagai bekal memasuki dunia kerja. Ucap beliau.

Aceh selatan menjadi salah satu kabupaten yang merasakan manfaat pelaksanaan program MBKM ini. Dimana sebanyak 18 mahasiswa dan mahasiswi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala telah datang dan menetap di 18 Gampong dalam wilayah Aceh Selatan untuk melatih dan mengimplementasikan sebuah inovasi, yakni Sistem Informasi Gampong (SIGAP), bagi aparatur gampong di kabupaten Aceh Selatan.

“Pada kesempatan yang baik ini, beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para mahasiswa dan mahasiswi yang telah melaksanakan program merdeka belajar di kabupaten aceh selatan, melalui penerapan aplikasi SIGAP”. ungkapnya.

Beliau memberikan apresiasi kepada Fakultas MIPA USK, yang telah berkenan menjalin kerjasama dengan kabupaten aceh selatan, melalui penerapan MBKM, semoga kerjasama ini terus berlanjut di masa yang akan datang”. sambung Bupati.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Camat, Keuchik, dan Pendamping Desa, yang telah menyambut dengan baik para mahasiswa dan mahasiswi selama 5 bulan terakhir, semoga pelaksanaan program Merdeka Belajar melalui penerapan aplikasi SIGAP ini dapat benar-benar memberikan manfaat dalam pembangunan gampong, katanya.

“Pemerintah gampong merasa gembira dikarenakan dapat benar-benar menerapkan tatakelola data dan informasi ditingkat gampong dengan baik, yang selama ini Data dan Informasi yang dimiliki belum se Akurat yang di harapkan, Dengan adanya Aplikasi SIGAP ini, lebih memudahkan serta sangat membantu pemerintah Gampong dalam menyajikan Data dan Informasi yang Akurat dan Cepat.” Ungkap Keuchik Gampong Paya Kluet Utara

Sementara itu, Dekan Fakultas MIPA Univ. Syiah Kuala Prof. Dr. T. M. Iqbalsyah, M.Sc, menyampaikan mahasiswa yang mengikuti program mbkm ini yakni jurusan Matematika dan jurusan Statistika berjumlah 18 orang, ini merupakan kebijakan menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori di dalam kelas tetapi juga melakukan praktek langsung di lapangan.

Kemudian, Kabid Pengembangan Kawasan, Sumber Daya Alam dan TTG DPMG Aceh Drs. Wardana, M.Si menyampaikan dengan adanya program ini dapat menghasilkan manfaat yang luar biasa bagi Pemerintah Aceh terutama DPMG Aceh, karena untuk turun langsung ke lapangan dengan waktu selama 6 bulan itu sangat susah bagi provinsi dan dengan bantuan dari mahasiswa dari Fakultas MIPA ini program ini dapat berjalan dengan baik, Ucapnya
NBN.C

Share

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.