Sinergitas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Saat Membantu Masyarakat Binaannya Dalam
Pembuatan JUT

NusantaraBersatuNews.Com,Aceh Timur –
Kegiatan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 11/Brb, Serda Nawi Iskandar dan Bhabinkamtibmas Polsek Birem Bayeun Brigadir deddy, saat membantu kegiatan Geuchik Desa Paya Bili Dua Dinu Anjas Asmara, dan masyarakat binaannya sangat meringankan pengerjaan pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa tersebut, Rabu 13-07-2022.

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Gampong /Desa Paya Bili Dua itu selalu siap membantu warga masyarakat binaannya di segala bidang, diantaranya bersama masyarakat membuat akses Jalan Usaha Tani (JUT) untuk mempermudah warga saat menuju kelahan pertanian dan perkebunan.

Saat awak Media ini menanyakan tentang pelaksanaan JUT ini Serda Nawi Iskandar mengatakan, banyak alasannya sehingga JUT ini harus dibuat segera mungkin, mengingat  keadaan jalan untuk menuju lahan Perkebunan sangat jauh dari pemukiman penduduk dan akses jalan ini tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda dua sehingga petani kesulitan untuk membawa hasil pertanian dan perkebunannya kerumah.

Dan ini menghambat para petani selama ini untuk menjual hasil perkebunannya, sehingga pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) harus segera selesai tutur Serda Nawi Iskandar yang didampingi oleh Brigadir Deddy
 
Atas dasar hal tersebut, saya sebagai Babinsa Koramil 11/Brb Kodim 0104/Atim, dan Bhabinkamtibmas Brigadir deddy bersama warga masyarakat Desa paya Bili dua, Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur, melaksanakan kegiatan kerja bakti pembuatan jalan usaha tani (JUT) dengan panjang 2,5 KM dan lebar 2 Meter, dengan sumber dana menggunakan Dana Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Paya Bili Dua, Terangnya.

Serda Nawi Iskandar juga menyampaikan bahwa jalan usaha tani (JUT) sangat berpengaruh terhadap perekonomian desa Paya Bili Dua.  “JUT” adalah salah satu faktor penentu dalam proses produksi pertanian di desa paya Bili dua.

Akses jalan yang kurang memadai membuat proses produksi maupun distribusi hasil pertanian atau perkebunan selama ini menjadi terhambat karena waktu banyak terbuang di jalan,” terangnya.

Serda Nawi Iskandar menyampaikan, pada saat musim panen tiba, petani selalu terkendala oleh keadaan jalan, sering kali petani harus bersusah payah melalui rute yang kurang layak untuk mengangkut hasil panen.
Begitu pula sebaliknya saat bercocok tanam susah untuk membawa pupuk ke lahan.

“Dengan adanya pembuatan jalan usaha tani (JUT) ini tentu sangat membantu warga masyarakat mempermudah akses ke lahan mereka. Semoga dengan adanya akses jalan ini dapat memotivasi petani, sehingga diharapkan produksi pertanian di desa Paya Bili dua menjadi meningkat,” ungkapnya.
 
Menanggapi hal ini Danramil 11/Brb Kodim 0104/Atim Kapten CZI Karsono, mengatakan Kegiatan kerja bakti bersama-sama masyarakat dilaksanakan selain dalam rangka mensukseskan program pemerintah dengan swasembada pangan, Babinsa juga menanamkan nilai kepedulian, nilai kegotong-royongan dalam kehidupan bermasyarakat serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Kapten CZI Karsono, juga mengatakan bahwa dirinya selalu menekankan kepada para Babinsa agar selalu siap untuk menemani masyarakat di wilayah binaannya. “Babinsa diharapkan dapat membantu setiap kesulitan yang dialami warga atau memberikan solusi untuk mengurangi beban yang dihadapi masyarakat, sehingga keberadaan kita dapat dirasakan oleh masyarakat dan akhirnya terwujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” tutupnya.

Wartawan Wiwin Hendra

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *