NS. Nusantara Bersaru News – Aceh Timur

Pemerintah Kabupaten Aceh Timur menggelar Pendidikan Kader Ulama 2022 yang berlangsung di aula Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) setempat, Rabu (27/07/2022).

Bupati Aceh Timur melalui Asisten Bidang Pemerintahan Keistimewaan dan Kesra, Syahrizal Fauzi SSTP. MAP dalam laporannnya mengatakan, Permusyawaratan Ulama Kabupaten Aceh Timur mengadakan kegiatan Pendidikan Kader Ulama 2022, mengambil tema, “Dengan pendidikan ulama muda, kita tingkatkan kader persamaan persepsi ulama muda dalam penegakan hukum hukum islam”.

Ia berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan mulia ini, dapat melahirkan ulama-ulama muda yang memiliki kompetensi ilmu agama yang mendalam, wawasan keislaman yang luas serta memiliki integritas, sehingga mereka nantinya benar-benar menjadi kader ulama muda yang berani menegakkan yang benar dan mencegah yang batil.

Syahrizal menambahkan, ulama adalah pewaris para nabi, mereka di tuntut untuk menyampaikan memperbaiki sekaligus keimanan memberi dan pemecahan ilmu pengetahuan, akhlak masyarakat, bagi persoalan persoalan yang di hadapi umat untuk menghadapi tantangan ini.

Katanya, diperlukan sebuah proses kaderisasi ulama, membekali kader-kader ulama muda dengan memfokuskan pada penguasaan ilmu-ilmu dasar keislaman, seperti al-qur’an, tafsir, hadist, fiqh, usul fiqh dan lain sebagainya.

“Ini dimaksudkan untuk menciptakan generasi yang memiliki daya serap, kompetensi keilmuan dan wawasan keulamaan bagi para generasi muda yang tergabung dalam pelatihan kader ulama muda (PKU-Muda),” kata Syahrizal.

Ia menambahkan, ulama-ulama muda kedepan mampu mengembangkan potensi dan ketrampilan pengetahuan, diri dalam mengembangkan memperluas ilmu strategi dakwah, meningkatkan kualitas diri dalam menjawab berbagai problematika.

“Kegiatan tersebut berlangsungs elama tujuh hari, mulai Tanggal 27-2 Agustus 2022, dan diikuti oleh 48 peserta dari santri dayah (pesantren), masing-masing kecamatan dua peserta. MPU Aceh Timur telah melahirkan sebanyak 678 kader ulama muda. Dan kita harapkan dapat meneruskan peran ulama,” kata pihak MPU Aceh Timur yang juga panitia kegiatan Pendidikan Kader Ulama.

Share

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.