Asmar Endi.NusantaraBersatuNews.Com,BANDA ACEH –

Banyak yang istimewa dalam Aceh Culinary Festival 2022 yang berlangsung di Komplek Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

Aceh Selatan kali ini menyuguhkan Sate Lolak dan Kopi Madu Bulu Seuma di pergelaran Culinary Festival 2022 tingkat Provinsi Aceh.

Diantaranya Sate Lolak (kerang mata lembu) dan Kopi madu Bulu Seuma yang disajikan di Paviliun Aceh Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan Muchsin mengatakan dua makanan itu menjadi andalan dalam festival Culinary kali ini selain juce nipah, lemping sagu dan kelapa hitam.

“Sate lolak memang merupakan makanan yang lagi viral, selain unik sate lolak hanya terdapat di Aceh Selatan,” ulas Mucshin saat ditemui wartawan di lokasi acara, Jum’at (5/8/2022) sore.

Lanjut Muchsin, jika berkunjung ke Aceh Selatan sate lolak bisa dinikmati di Gampong Lhok Rukam atau sekitar 13 Kilometer dari Kota Tapaktuan.

“Disana tersedia banyak cafe yang menyajikan sate lolak selain itu pemandangannya juga indah terutama saat menjelang matahari terbenam,” ujarnya.

Sedangkan Kopi madu Buloh Seuma adalah campuran kopi dan madu alam asli yang hanya ada di hutan Bulu Seuma, Trumon.

“Selain nikmat minuman ini juga baik untuk menjaga kesehatan dan stamina,” bebernya.

Muchsin menjelaskan minuman lain yang istimewa adalah kelapa hitam. Kelapa hitam merupakan campuran kelapa dan gula aren dengan racikan yang pas menjadikan minuman ini sangat enak dinikmati.

“Muchsin selaku kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan mengajak para masyarakat yang berada di mana saja mulai dari Sabang hingga Meuroke Ayo kunjungi paviliun Aceh Selatan dan rasakan sensasi makanan khas Kota Tuantapa selama acara Aceh Culinary Festival, 5-7 Agustus,” Pungkas.

RED.NBN.C

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.