Aceh Hijau (Aceh Green) Tanam Serentak 77 Ribu Dalam Rangka Hari Kemerdekaan RI Ke 77 Tahun 2022.

NusantaraBersatuNews.Com,Aceh Selatan-

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke 77 tahun 2022 secara seremonial berlangsung di Mapolres Aceh Selatan, Aceh hijau (aceh green) menaman serentak 77 ribu pohon di seluruh kabupaten/kota se-provinsi aceh, Selasa (23/08). Kegiatan tersebut di hadiri Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru, S.I.K, Dandim 0107 Aceh Selatan Diwakili Kapten Inf. Junaidi, Ketua Pengadilan Negeri Tapaktuan, Gugun Gunawan, S.H, Ketua DPRK Aceh Selatan Diwakili Wakil Ketua, Adi Samrida, Ketua KPH IV, Irwandi Sp. MP, Para Kepala SKPK serta undangan lainnya.

Dalam sambutan Kapolda Aceh yang dibacakan Bupati Aceh Selatan menyampaikan bahwa tumbuhan yang akan di tanam ini memiliki peran ekologis yang besar bagi kehidupan manusia. Telah berabad-abad lamanya dijadikan tumpuan jutaan orang yang hidup baik di pesisir maupun di pegunungan.

Selain itu dapat mencegah terjadinya abrasi laut dan menghindari terjadinya perembesan air laut ke dalam lapisan tanah, yang bisa mengakibatkan terjadinya percampuran air laut dengan air tanah. Hutan mangrove juga merupakan habitat penting bagi ikan, udang, kepiting, burung air, dan mamalia laut lainnya ungkap beliau.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penanaman mangrove secara simbolis oleh Kapolres Aceh Selatan AKBP, Nova Suryandaru,, SIK bersama Forkopimda serta tamu dan undangan lainnya dipesisir pantai gampong pasie asahan kecamatan pasieraja. Dan pada kesempatan tersebut Bupati Aceh Selatan memberikan piagam kepada Keuchik Gampong Pasie Rasian.

Dikarenakan Jumlah bibit yang ditanam di wilayah kabupaten Aceh selatan sebanyak 3.209 batang, diantaranya di gampong pasie rasian kecamatan Pasie Raja sebanyak 1000 batang yang terdiri dari pohon mangrove 800 batang, pohon gahru 200 batang, sedangkan Sisa 2.209 bibit yang akan ditanam di beberapa kecamatan dalam Kabupaten. Aceh Selatan.

Beliau mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah melakukan upaya-upaya dalam rangka pemulihan ekosistem di Provinsi Aceh dan mendukung hingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Dimana pada hari ini, selasa tanggal 23 Agustus 2022, kita akan melakukan penanaman 77 ribu pohon secara serentak di seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Aceh dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke-77, tutup beliau.

Asmar Endi.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *