NusantaraBersatuNews.Com,Calang –
Kapolres Aceh Jaya AKBP Yudi Wiyono hadiri upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-114 tahun 2022 di Lapangan Bola Kaki Desa Cot Pange, Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu, 24 Agustus 2022.

Upacara tersebut dipimpin Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Mohammad Hasan, dan dihadiri Danrem 12/TU, Kapendam IM, Asintel Kasdam IM, Pj. Bupati Aceh Jaya, Kapolres, Kasdim 0114, Kasi Intel Kejari, Ketua Pengadilan, Ketua MPU, Para Kepala SKPK, Muspika Kecamatan Darul Hikmah, dan Masyarakat.

Dalam amanatnya, Mayjen TNI Mohammad Hasan menjelaskan, TMMD ke -114 ini berlangsung selama satu bulan, yaitu 26 Juli – 24 Agustus 2022, di mana prajurit, pemuda, dan masyarakat bersama-sama membangun desa.

Kebersamaan ini merupakan cerita positif yang harus ditingkatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya permasalahan di Aceh, dan lebih spesifik lagi di Kabupaten Aceh Jaya dalam rangka membangun dan mempercepat pembangunan yang selama ini mungkin cukup tertinggal.

“Program TMMD ini telah dimulai sejak tahun 80-an dengan sebutan program ABRI Masuk Desa atau AMD. Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan,’’ ujar Mohammad Hasan.

Adapun kegiatan TMMD yang telah dikerjakan yaitu sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, di antaranya pembukaan jalan terobosan dan pembersihan badan jalan serta pembuatan talut sekaligus pemasangan gorong-gorong serta pembuatan jembatan darurat.

Pencapaian fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non fisik berupa penyuluhan pada masyarakat tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum bela negara, narkoba, pertanian, kesehatan, dan dampak Covid-19, pembagian sembako, dan pengobatan gratis.

Ia berharap, TMMD ini manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dan terpelihara semangat gotong royong sebagai warisan bangsa.

Selesai upacara, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako secara simbolis oleh Pangdam IM, Pj. Bupati Aceh Jaya, dan Kapolres Aceh Jaya kepada masyarakat Desa Cot Pange, Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya.
Mr.Padang

Share

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.