Upaya Pencegahan Stunting di Birem Bayeun, Remaja Putri Usia 12 s.d 18 Tahun, Serentak Lakukan Kegiatan Minum TTD.

NS. Nusantara Bersatu News -Aceh Timur

Pemantapan Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh (GISA) dalam upaya pencegahan stunting di Birem Bayeun, seluruh remaja putri siswi di sekolah-sekolah setingkat SLTP dan SLTA usia 12 s.d 18 tahun gelar acara aksi bergizi minum Tablet Tambah Darah (TTD) secara serentak.

Kegiatan launching gerakan minum tablet tambah darah secara bersama-sama pada remaja siswi itu dipusatkan di Sekolah SMA Unggul Aceh Timur Kecamatan Birem Bayeun pada hari Senin, 5/9/2022.

Seluruh siswi SMA Unggul Aceh Timur dengan antusias mengikuti kegiatan itu secara bersama, dan begitu pun di lain tempat di setiap sekolah-sekolah lainnya maupun di dayah-dayah dalam Kecamatan Birem Bayeun juga turut melaksanakan hal itu demi untuk menurunkan kasus anemia pada remaja putri dan upaya pencegahan stunting.

Didampingi Kapolsek, AKP. Syamsuddin, SH, MH, dan Danramil 11, Kapt. Czi, Karsono, Camat Birem Bayeun, Iskandar, S.Kom menyampaikan bahwa “Pemerintah Kecamatan Birem Bayeun bersama Muspika dan seluruh lintas sektor terkait akan tetap mendukung dan menjalankan program ini melalui sosialisasi dan penjelasan stunting kepada masyarakat khususnya para remaja putri agar penanganan masalah anemia dan kasus stunting bisa kita cegah sedini mungkin”.

“Kita akan terus mengkampanyekan kepada remaja putri yang berusia 12-18 tahun di wilayah Birem Bayeun untuk meminum tablet penambah darah, seperti yang dilaksanakan di sekolah SMA Unggul ini. Ini adalah bagian dari upaya kita agar remaja putri yang berusia 12-18 tahun mendapat asupan Gizi yang seimbang, semoga target cakupan untuk remaja putri yang mendapatkan TTD sesuai yang di canangkan oleh pemerintah, sekaligus upaya untuk menurunkan kasus anemia pada remaja putri dan pencegahan stunting terlaksana dengan maksimal”. Kata Iskandar.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Birem Bayeun, Ibu Yusliana, S.Km, M.Km didampingi Kepsek SMA Unggul Drs. Sinarta Purba, M.Pd dan Koordinator KB Syahlina, S.Km mengatakan bahwa “obat tablet tambah darah yang diberikan kepada siswi berjenis obat generik dengan komposisi Ferrous Fumarate Setara dengan Fe 60 mg dan Folic Acid 0,4”.

Yusliana melanjutkan “dan pengadaan asupan gizi yang diberikan kepada remaja putri sampai saat ini gratis dari dinas kesehatan dan Kementerian Kesehatan, agar target pencanangan yang bertujuan mencegah permasalahan kesehatan yang dihadapi remaja putri seperti stunting, dapat segera teratasi”.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Camat Birem Bayeun : Iskandar, S.Kom., Kapolsek Birem Bayeun : AKP. Syamsudin, SH, MH., Danramil 11/Brb : Kapt. Czi Karsono., Kepala SMA unggul Aceh Timur : Drs. Sinarta Purba, M.Pd., Kepala Puskesmas Birem Bayeun : Yusliana, S.Km, M.Km., Koordinator KB Birem Bayeun : Syahlina, S.Km, Mukim Barat Birem Bayeun : Indrayadi., Pendamping Kecamatan : Rohani, S.H., Para Staf Kantor Camat Birem Bayeun., Para Staf Puskesmas Birem Bayeun., Para Dewan Guru SMA Unggul Aceh Timur, Siswi SMA Unggul Aceh Timur.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *