Bea Cukai Aceh Musnahkan Puluhan Ribu Batang Rokok Ilegal

Dokumentasi – Petugas bea cukai memperlihatkan bungkusan rokok ilegal yang sudah dipotong untuk dimusnahkan di Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh di Banda Aceh.

NusantaraBersatuNews.Com, BANDA ACEH – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Provinsi Aceh memusnahkan puluhan ribu batang rokok ilegal serta belasan liter minuman mengandung etil alkohol. 

Kepala Bidang Humas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Provinsi Aceh Isnu Irwantoro di Banda Aceh, Selasa (27/9), mengatakan bahwa rokok dan minuman beralkohol tersebut merupakan hasil penindakan kepabeanan serta cukai. 

“Rokok dan minuman beralkohol yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil penindakan kepabeanan dan cukai sepanjang Februari hingga Juli 2022,” kata Isnu Irwantoro. 

Adapun rokok ilegal yang dimusnahkan tersebut sebanyak 76.360 batang dan 18 liter minuman mengandung etil alkohol dengan nilai perkiraan Rp159,5 juta serta kerugian negara yang ditimbulkannya Rp72,5 juta. 

Isnu Irwantoro mengatakan bahwa penindakan kepabeanan dan cukai tersebut merupakan sinergitas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Provinsi Aceh dan jajaran bersama Dinas Pertanian Perkebunan Aceh Satpol PP dan WH, serta Pomdam Iskandar Muda dan instansi terkait lainnya. 

“Kami terus meningkatkan sinergitas ini untuk memberantas peredaran barang ilegal seperti rokok tanpa cukai, minuman beralkohol, dan lainnya ke Provinsi Aceh,” kata Isnu Irwantoro. 

Isnu Irwantoro mengatakan bahwa pemusnahan barang ilegal tersebut merupakan komitmen Bea Cukai memberantas peredaran rokok tanpa izin. Peredaran rokok ilegal tersebut merugikan penerimaan negara dari cukai. 

“Penekanan peredaran rokok ilegal tersebut juga untuk meningkatkan pendapatan daerah dari bagi hasil cukai rokok serta melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal,” kata Isnu Irwantoro.

Sumber : ANTARA ACEH

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *