Pemerintah Pulangkan 3 Nelayan Aceh yang Hanyut ke Malaysia

NusantaraBersatuNews.Com, BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh (Dinsos) segera memulangkan tiga nelayan asal Aceh Timur yang ditemukan terombang-ambing di Langkawi, Malaysia ke tanah air melalui Sumatera Utara. 

“Insya Allah Pemprov Aceh melalui Dinsos akan memulangkan mereka pada Jumat (30/9) melalui Kualanamu (Sumatera Utara),” kata Kepala Dinas Sosial Aceh Yusrizal, di Banda Aceh, Rabu (28/9). 

Yusrizal mengatakan, dalam proses pemulangan para nelayan tersebut, pemberangkatan mereka dari Malaysia ke tanah air dikelola langsung oleh tim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia. 

Kemudian, sesampainya di Bandara Kualanamu Sumatera Utara, mereka akan diundang oleh perwakilan Pemerintah Aceh di sana untuk kemudian dibawa pulang ke kampung halaman masing-masing. 

“Dari Malaysia mereka dipulangkan KBRI ke Medan, setelah itu dipulangkan dulu ke Banda Aceh atau langsung ke Aceh Timur,” katanya. 

Yusrizal menegaskan tidak ada masalah terkait proses pemulangan ketiga nelayan tersebut, semua urusan administrasi juga sudah diselesaikan. 

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Aceh Timur untuk mendampingi proses pemulangan mereka,” kata Yusrizal. 

Adapun identitas nelayan yakni M Yunus (34), Sofyan Ishak (50) dan Fajri Kamal (29), ketiganya merupakan warga Peudawa, Kabupaten Aceh Timur. 

Sebagai informasi, sebanyak tiga nelayan asal Aceh Timur yang hanyut saat melaut beberapa waktu lalu ditemukan selamat di wilayah Langkawi Malaysia. 

Nelayan tersebut sebelumnya pada 13 September 2022 berlayar dari Kuala Peudawa, Kabupaten Aceh Timur. Kemudian, mereka dikabarkan mengalami musibah karena kapal yang mereka gunakan bocor dan menabrak batang kayu di tengah laut sehingga menyebabkan mesin kapal mati. 

Setelah terapung selama dua hari, sekitar dua hari yang lalu mereka mendapat pertolongan dari Polsek Laut Langkawi, dan mendapat perawatan medis.

Sumber : AjNN

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *