Pj. Gurbernur Aceh Cek Pra Sarana Pelabuhan Langsa Untuk Eksport, Import

NusantaraBersatuNews.Com, Kota Langsa Aceh – Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki kunjungi Pelabuhan Kuala Langsa dan Tower Mangrove yang bertempat di Gampong Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Sabtu, (22/10/22).

Dalam kunjungan nya Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang di dampingi Pj. Walikota Langsa Ir. Said Mahdum Majid dan Forkopimda mengecek langsung pra sarana pelabuhan Kuala Langsa yang akan difungsikan kembali ekspor dan impor melalui Pelabuhan tersebut.

Saat ini sudah dilakukan pengerukkan, begitu juga dengan wisata Mangrove Forest Park ini akan segera kita buka kembali tinggal menunggu perizinannya saja dalam waktu dekat ini”, Ungkap Pj. Gubernur Aceh saat diwawancarai wartawan di Pendopo Kota Langsa , Sabtu, (22/10/22)

Kemudian terkait pengajuan Pemkot Langsa pengerukkan di dermaga tersebut sebenarnya kurang lebih di bulan Agustus dan telah menghadap Menteri Perhubungan kemudian surat dari Kementerian Perhubungan sudah ke Pelindo”, Ujarnya.

“ia juga berharap aktivitas ekspor dan impor bisa segera dimulai setelah dilakukan pengerukkan.

Lanjutnya” terkait wisata manggrove sekarang ini masih menunggu perizinan dari Kementerian LHK, karena kawasan tersebut masuk dalam areal hutan lindung seluas 115 H. “Jadi, untuk kepastian hutan manggrove dibuka lagi hanya menunggu satu rekomendasi lagi dan kita tunggu saja surat itu turun,” Pintanya.

Disamping itu Pj. Walikota Langsa Ir Said Mahdum Majid disela kunjungan Gubernur Aceh Achmad Marzuki di Pelabuhan Kuala Langsa mengatakan, Pemkot Langsa siap Kembangkan Pelabuhan Kuala Langsa.

Saat ini kapal-kapal besar tidak bisa bersandar di dermaga dikarenakan kondisinya dangkal dan perlu pengerukkan setelah tahun 80 yang lalu.

Kami juga berharap dukungan dari Pemerintah Aceh untuk pengerukkan alur masuk Pelabuhan, agar mengakomodir kapal-kapal besar dapat masuk setiap saat tanpa harus menunggu pasang surut air laut”, Harapnya.

“ Lanjutnya Insyaallah, awal November ini kita akan kembali melakukan ekspor seperti, ikan, daun pohon nipah serta sejumlah hasil pertanian dan berbagai hasil bumi lainnya melalui pelabuhan Kuala Langsa ini,” ujarnya.

“Jadi dalam waktu dekat ini kita akan kembali melakukan pengiriman ikan dan hasil pertanian lainnya saat ini dalam proses perizinan yang dimotori oleh Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Kota Langsa,” ungkapnya.

Oleh karenaitu, penting sekali pengerukan pelabuhan Kuala Langsa ini demi kemajuan serta meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga pihak Pelindo maupun pihak swasta juga sangat menginginkan pelabuhan Kuala Langsa menggeliat”, Tutup Pj Walikota.(AWR)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *