DAERAH  

Air Sungai Meluap, Sejumlah Desa di Kejuruan Muda Terendam Banjir

NusantaraBersatuNews.Com, Aceh Tamiang – Tingginya curah hujan dalam sepekan ini menyebabkan aliran Sungai di Sungailiput Aceh Tamiang meluap di 3 (Tiga) Kampung sekitar dalam wilayah Kecamatan Kejuruan Muda.


Akibatnya, Kampung yang secara geografis berdekatan dengan sungai itu pun terendam banjir, diantaranya kampung Sungailiput, Kampung Simpang Kanan dan Kampung Tanjung Mancang. Rabu (01/11/2022).

Pantauan Awak media di lokasi, telihat rumah warga Kampung Sungailiput di sepanjang jalan lapangan bola kaki tepatnya di Pajak Pekan Minggu telah tergenangi air setinggi kurang lebih 50 cm, 

Selanjutnya, Kampung Simpang Kanan, warga terkena banjir sedikitnya 11 KK, air setinggi mata kaki, dan Kampung Tanjung Mancang di Dusun Sepakat hanya dibelakang rumah warga, atau dapur rumah terendam air.

Dalam hal tersebut, Pj. Datok Penghulu Sungailiput, Ikhwansyah saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsAppnya mengatakan “Dari rumah warga khususnya Kampung Sungailiput ada 3 Dusun yang terkena banjir yakni, Dusun Tualang 65 KK, Dusun Alur Meranti 45 KK dan Dusun Buloh Betong 45 KK, dengan total jumlah 155 KK yang terendam air.

Pj. Datok Penghulu juga Menyebutkan “Dengan datangnya banjir tersebut agar cepat surut, kita juga berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang agar adanya perhatian untuk memberikan Bantuan Sosial kepada warga yang mengungsi terdampak banjir”, ungkap Datok Ikhwansyah.

Dari pantauan Awak Media juga, terlihat 2 (Dua) Personil Bhabinkamtibmas Polsek Kejuruan Muda Jajaran Polres Aceh Tamiang Aipda Heri Kurniawan, didampingi  Bripka Kiki Rinaldo, sedang melakukan pantauan sekaligus monitoring kerumah warga yang terdampak banjir.

Aipda Heri, juga menututurkan bahwa “Terjadinya banjir dikarenakan tingginya curah hujan sehingga air Sungai Tamiang meluap, dan terdampak banjir pada rumah masyarakat. Berharap air segera surut, dan mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada, karena bisa saja di wilayah Tamiang Hulu turun hujan”, pungkasnya (Apri)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *