Tes Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 0104/Atim Gelar Garjas Periodik II dan UKP Tahun 2022

NusantaraBersatuNews.Com, Kota Langsa Aceh – Memiliki jasmani yang sehat dan prima adalah sebuah tuntutan bagi seorang prajurit TNI-AD, hal ini sangat diperlukan dalam menunjang tugas pokok di wilayah binaan. Untuk itu sebagai tolak ukur kondisi dan kemampuan jasmani prajurit perlu adanya kesamaptaan yang dilakukan secara berkala.

Terkait hal ini, Kodim 0104/Aceh Timur menggelar Tes Kesegaran Jasmani Periodik II dan UKP (Usul Kenaikan Pangkat) 01-04 Tahun 2023, yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Asrama Gajah Dua, Gp. Jawa Belakang, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Senin (07-11-2022).

Menurut pantauan awak media, pelaksanaan tes kesegaran jasmani (Garjas) tersebut antara lain melaksanakan Garjas-A yakni lari 12 menit dan Garjas-B yakni Pull-Up, Push-Up, Lunges dan Shuttle-Run, serta dilanjutkan dengan tes ketangkasan renang.

Para peserta sebelumnya diwajibkan mengisi daftar absensi, kemudian melakukan pemeriksaan kesehatan guna mengetahui kondisi kesehatan sebelum melaksanakan Garjas.

Pasipers Kapten Inf Razak, yang juga turut mengikuti kegiatan mengatakan bahwa, Garjas periodik dan UKP ini rutin digelar di satuan-satuan jajaran Korem 011/Lilawangsa. “Dimana pelaksanaan Garjas ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit Kodim 0104/Atim setiap enam bulan sekali, guna mendukung pelaksanaan tugas, ”ungkapnya.

“Saya berharap para peserta sekalian dapat melaksanakan kegiatan tes kesamaptaan ini dengan maksimal, namun demikian faktor keamanan dan keselamatan adalah yang paling utama, karena tujuan kita sebenarnya adalah pembinaan fisik prajurit, ”tandasnya.

Sementara Serma Sutrisno tim pengawas dari Jasmani Korem 011/LW menambahkan bahwa, Garjas merupakan satu bentuk kesejahteraan dan moril bagi prajurit. Kegiatan ini digelar selama tiga hari dengan harapan semua anggota bisa melaksanakan.

“Dan saya harapkan kepada seluruh anggota untuk selalu menjaga faktor keamanan karena yang tahu kondisi fisik maupun kemampuan adalah rekan-rekan anggota sendiri, ”pungkasnya.( JP)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *